PilKaDes

Ditulis : Senin, 2019-02-11 - 22:26:40

PilKaDes


sering kita dengar istilah "PILKADES", Namun tidak semua orang tahu tentang istilah ataupun asal kata PILKADES tersebut. Emang apa sih PILKADES itu?

Pemilihan kepala desa, atau seringkali disingkat Pilkades, adalah suatu pemilihan Kepala desa secara langsung oleh warga desa setempat. Berbeda dengan Lurah yang merupakan Pegawai Negeri Sipil, Kepala Desa merupakan jabatan yang dapat diduduki oleh warga biasa. Kepala Desa dilantik oleh Bupati / Wali kota.

 


"COBLOSAN", adalah istilah yang trend dikampung kami. Mungkin karena istilah Coblosan lebih mudah dimengerti sehingga istilah itu menjadi membumi dikampung.

PILKADES adalah ajang bergengsi untuk tingkat desa.Sehingga demi sebuah gengsi itu orang rela untuk mempertaruhkan sebagian besar harta nya untuk mencalonkan diri sebagai calon kades(Kepala Desa). Dari 5 calon kades harus 1 yang terpilih dengan suara yang paling banyak. Automatic, 4 peserta lain jelas gugur. Padahal tidaklah sedikit materi apa yang sudah mereka keluarkan. Untuk tingkat kampung seperti tempat saya, meski kampung yang tidak begitu ramai jauh dari kota. dalam hal Pilkades tidak cukup hanya dengan menyediakan dana 500rebu. Padahal pendaftaran calon kades tanpa dipungut biaya seperti jaman dulu.

Tak perlu kita bahas dana itu untuk apa saja. Dalam Pilkades yang berlangsung dikampung saya ada cerita yang menggelitik hati.

Ternyata, jelang Pilkades kebanyakan dari balon(bakal calon) tersebut meminta bantuan dukun... WOWWW,... INDONESIA BANGET...

 

Jika sang calon kuat di finansial maka dukun yang dicari pun semakin jauh. Walau harus menyebrang laut sekalipun, para balon tersebut tidak enggan untuk menyambangi dukun.Karena 1 harapan para balon tersebut, yaitu kemenangan. Jika tidak menang malunya minta ampun, Merasa dirinya tidak diharpkan di lingkungan serta masyarakat sehingga dampak buruk pasca pilihan Kepala Desa adalah depresi. Wih kasihan sekali ya..

 

 

Pak NT adalah pendatang dari jawa, beliau terkenal sebagai seseorang yang hobi dengan klenik dan ahirnya dianggap ampuh dalam hal supranatural..wow..

Dalam hal Pilkades dukun pun ikut senang. Karena ada amplop bertabur disana. Lumayan sekali ya, bisa untuk beli sepeda gunung.hehe..

Rupanya, di kampung saya ini ada seseorang yang selalu provokasi supaya para peserta calon sekdes untuk silaturahmi kepada sang dukun. SR adalah agen perdukunan. SR keliling antar para calon kades dan mengajak satu per satu calon kades untuk menerawang kejelasan masa depan si calon kades. Diwaktu yang berbeda,Setelah semua balon diterawang oleh dukun, tentunya semua balon sudah mengeluarkan amplop untuk sang dukun. Hasil penerawangan itu adalah balon WD yang bakal menang. Namun, setelah penghitungan suara ternyata WD kalah telak.. Karena penasaran saya pun telusuri kenapa ramalan dukun bisa meleset? Ternyata sang dukun sengaja mencari uang di sela-sela pilkades dan sang dukun itu ternyata simpatisan balon WD..

Kasihan juga ya ini dukun , ramalannya meleset. Tapi si dukun sudah dapat amplop dari para balon tadi..hehe..

 

Intinya dalam hal pilkades tak perlu dukun, tetap semua kita pasrahkan pada Allah S.W.T setelah kita berusaha.

terimakasih..

TAMAN CARI